Kamis, 17 Januari 2013

Cerita Alkitab









1. Orang-orang majus dari timur.
Mat 2:1-12
Dan bertanya-tanya :dimanakah dia,
raja orang yahudi yang baru dilahirkan itu?
kami telah melihat bintang-nya di timur
dan kami datang menyembah dia . mat 2:2

1)dan lihatlah ,bintang yang mereka lihat di timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti diatas tempat ,dimana anak itu berada .

2)yusuf pergi melihat maria dan menghampirinya ,ketika itu yesus berada dipangkuan maria .

3)orang-orang majus datang dari timur keyerusalem ,dan berjumpa raja herodes ,lalu bertanya:dimanakah dia ,raja orang yahudi yang baru dilahirkan itu ?kami telah melihat bintang-nya ditimur dan kami datang menyembah dia .

4)sesudah itu orang majus itu bertanya kepada seorang guru alkitab dan bertanya mengenai hal yang sama ,dan guru alkitab itu mengerti apa yang orang majus itu maksud ,dan ia pun menjawab :akan aku tunjukan tempat dimana anak itu dilahirkan.

5)dan ketika mereka berjalan mereka melihat bintang itu ,sangat bersukacitalah mereka ,maka masuklah mereka kedalam rumah itu dan melihat anak itu bersama maria ,ibun-nya ,lalu bersujud dan menyembah dia .lalu mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-nya ,yaitu emas, kemenyan dan mur ,sebagai tanda ucapan syukur atas lahir-nya sang juruselamat manusia yaitu yesus kristus .
2. Yohanes pembaptis
Mat 3:1-17
Sesudah dibaptis, yesus segera keluar dari air
dan pada waktu itu juga langit terbuka
dan ia melihat roh allah seperti burung merpati turun keatasnya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan :inilah anakku yang kukasihi, kepada-nyalah aku berkenan. mat3:16-17.1
1).yohanes pembaptis berada dipadang gurun yudea dan memberitakan : dan ia berseru bertobatlah sebab kerajaan sudah dekat !maka datanglah kepada –nya penduduk dari yerusalem , dari seluruh yudea dan dari seluruh daewrah sekitar yudea lalu mengaku dosa nya ,dan mereka dibabtis oleh yohanes disungai yordan .

2).maka datanglah yesus dari galilea dari yordan kepada yohanes dengan maksud ia ingin dibaptis oleh yohanes ,tetapi yohanes mencegah dia ,katanya akulah yang dibaptis olehmu ,dan engkau datang kepadaku ?

3).tetapi yesus menjawab biarlah hal itu terjadi ,karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak allah .

4).dan sesudah itu yohanes menuruti apa yang yesus katakan.maka dibabtis nyalah yesus .

5).sesudah yesus di babtis ,yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan ia melihat roh allah seperti burung merpati turun keatasnya ,dan berkata:

6).inilah anak-ku yang kukasihi ,kepada-nyalah aku berkenan .
3. mat 4:1-11
1).yesus berdoa meminta kepada bapanya agar diberi kekuatan ,karena yesus tau akan banyak cobaan yang akan dihadapinya saat ia berada di padang gurun nanti .
2).maka yesus dibawa oleh roh dipadang gurun untuk dicobai iblis ,dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam ,akhirnya laparlah yesus ,maka laparlah yesus dan berkata kepada-nya : jika engkau anak allah perintahkanlah supaya batu ini menjadi roti .

3).tetapi yesus menjawab :ada tertulis : manusia hidup bukan dari roti saja ,tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut allah .
4).kemudian iblis membawa yesus kekota suci dan menempatkan dia kebumbungan bait allah ,dan berkata kepada yesus : jika engkau anak allah , jatuhkanlah dirimu ke bawah,sebab ada tertulis ;mengenai engkau ia akan memerintahkan malaikat malaikat –nya dan mereka akan menatang engkau diatas tangan nya ,supaya kakimu jangan terhantuk kebatu . tetapi yesus berkata :
5).ada tertulis :janganlah engkau mencobai tuhan , allahmu .

6).dan sesudah itu iblis membawa yesus ke gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya ,dan berkata kepada-nya semua itu akan kuberikan kepadamu ,jika engkau sujud menyembah aku .

7).dan untuk keterakhir kalinya yesus yesus menjawab :enyahlah ,iblis!sebab ada tertulis :engkau harus menyembah tuhan allahmu ,dan hanya kepada dia sajalah engkau berbakti !


8). Lalu iblis meninggalkan yesus ,dan para malaikat datang sujud kepada yesus dan melayani –nya .


4. Penjala ikan menjadi penjala manusia
Luk 5:1-11
Ketika simon petrus melihat hal itu ia pun tersungkur didepan yesus dan berkata :tuhan,pergilah dari padaku ,karena aku ini orang berdosa . luk 5:8.

1).dua orang nelayan sedang membasuh jalanya ,mereka sedih karena tidak ada seekorpun ikan yang mereka dapat dengan wajah yang lesu mereka menarik jala jala itu.
2).pada suatu kali yesus berdiri di pantai danau ganesaret ,dan ia naik kesalah satu perahu itu yaitu perahu simon,setelah selesai berbicara ,yesus berkata kepada simon : bertolaklah ketempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan ,lalu simon pun melakukan apa yang diperintahkan tuhan dan iapun nmenebarkan jalanya .
3).dan setelah simon melakukan-nya simon mulai menarik jalanya perlahan-lahan ,dirasakan-nya jalanya berat sekali ,lalu simon bersama kawan-nya mengangkat jala bersama-sama ,mereka tertawa dan merasa senang karena jala mereka penuh dengan ikan yang besar-besar sehingga jala mereka mulai koyak .
4).lalu simon memberi isyarat kepada teman teman-nya yang lain supaya mereka datang membantunya ,dan mereka datang itu datang ,lalu merekapun berrsama sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam sambil menuju daratan .
5).sampai didaratan simon petrus tersungkur dihadapan yesus dan berkata :tuhan,pergilah dari padaku ,karena aku ini orang berdosa .

6).lalu simon bersama sama dengan teman temannya serta yakobus dan yohanes ,anak anak zebedeus ada bersama yesus saat itu ,lalu yesus berkata kepada simon:jangan takut mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia .

5. orang lumpuh disembuhkan
Mrk 2:1-12
Ketika yesus melihat iman mereka ,berkatalah ia kepada orang lumpuh itu :hai anak-ku dosamu sudah diampuni . mrk 2:5

1).yesus datang ke kapernaun ,maka tersiarlah kabar bahwa yesus ada dirumah ,maka datanglah orang-orang berkerumun sehinnga tidak ada lagi tempat ,bahkan muka pintu pun tidak.orang orang membawa kepada tuhan yesus seorang yang lumpuh

2).lalu mereka membuka atap yang diatas nya ,sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring.

3).dan yesus mengangkat kedua tangannya dan berkata kepada orang lumpuh itu : hai anak –ku, dosamu sudah diampuni .

4).seketika itu juga yesus menghampirinya, orang lumpuh itu sudah sadar dan ia memandangi yesus, ketika yesus melihat imannya begitu besar sehingga sembuhlah orang lumpuh itu.

5).yesus lalu menyuruh orang itu bangun dan berkata : angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah kerumahmu !dan orang itu pun bangun ,segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ketempat tidurnya dan pergi keluar dihadapan orang orang itu sehingga semua orang takjub lalu memuliakkan allah ,katanya : “yang begini belum pernah kulihat ”.


6. Lewi pemungut cukai mengikut yesus
mrk 2:17
yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka :bukan orang sehat yang memerlukan tabib,tetapi orang sakit ;aku datang bukan untuk memanggil orang benar ,melainkan orang berdosa. Mrk 2:17

1).yesus menjumpai lewi anak alfeus dirumah cukai,lalu berkata kepadanya :”ikutlah aku !maka berdirilah lewi lalu mengikut dia .

2).lalu yesus pergi bersama murid muridnya kerumah pemungut cukai itu disana mereka makan bersama .

3).ketika ahli –ahli taurat dari golongan farisi ini melihat, bahwa ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu berkatalah salah seorang kepada murid nya :mengapa ia makan bersama –sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa , yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka : bukan orangs sehat yang memerlukan tabib ,tetapi orang orang –orang sakit;aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang –orang berdosa.

4).sesudah itu yesus pergi bersama dengan murid murid-ya,dengan sukacitanya merekapun tersenyum melihat yesus, begitupun dengan yesus .


7.murid-murid memetik gandum pada hari sabat
Mat 12:9-1

Sebab aku menyukai kasih setia ,dan bukan korban sembelihan ,dan menyukai pengenalan akan allah lebih dari pada korban bakaran . Hosea 6:6

1).yesus berdiri di mimbar mengajak bangsa Israel untuk bertobat dan berbalik kepada tuhan sebab dialah yang menyembuhkkan kita dari sakit penyakit .apabila kita luka dia akan membalut kita.

2).marilah bersungguh-sungguh mengenal tuhan dan terimalah tuhan sebagai juruselamatmu .

3).jangan ada yang saling memarahi satu sama lainnya , tetapi hiduplah rukun dan saling mengasihi, jangan ada diantara kamu berperang antar mulut kemulut tetapi hiduplah damai dalam kasihnya.

4).maka tuhan akan selalu bersamamu, dan sukacita ada bersamamu sehingga engkau merasa bebas, karena tuhan menyukai kasih setia dan bukan korban sembelihan maka dari itu kenallah tuhan melalui firmanya.


8.perumpamaan seorang penabur
Mat 13:1-23
Yang ditaburkan ditanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti ,dan karena itu mereka berbuah ,ada yang seratus kali lipat ,ada yang enam puluh kali lipat ,ada yang tiga puluh kali lipat .mat 13:23

1).seorang penabur keluar untuk menabur, ia pastinya ingin hasilnya baik ,karena itu ia menggelola ladangnya dengan baik.

2).tetapi sebagian benihnya jatuh dipinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis .

3).sebagian lagi jatuh ditanah yang berbatu batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu segera tumbuh, karena tanahnya tipis tetapi sesudah matahari terbit, layulah dia karena menjadi kering karena tidak berakar .

4).sebagian lagi jatuh di semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.

5).dan sebagiannya lagi jatuh ditanah yang baik dan berbuah : ada yang seratus kali lipat ,ada yang enam puluh kali lipat ,ada yang tiga puluh kali lipat .



9.yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
Mat 8:23-27
Ia berkata kepada mereka :mengapa kamu takut ,kamu yang kurang parcaya ?lalu bangunlah yesus menhardik angin dan angin itu ,maka danau itu menjadi teduh . mat 8:26

1).yesus naik keperahu bersama sama muridnya,ketika sampai di tengah laut ,tiba tiba angin ribut datang ,murid –murid yesus ketakutan sekali sehingga ada yang berteriak ketakutan .

2).disaat itu mereka pun membangunkan yesus yang sedang tidur ,dan berkata ,tuhan,tolonglah ,kita binasa.

3).maka yesus bangun dan berdiri ,yesus pun berkata : mengapa kamu takut ,kamu yang kurang percaya ? l

4).lalu yesus menghardik angin dan danau itu menjadi teduh sekali.dan mereka pun terdiam duduk merasa heran,apakah dia ini ,sehingga air dan danau pun taat kepada nya.



10.yesus mengngusir roh jahat dari orang gerasa
Mrk 5:21-43
Lalu dipegangnya tangan anak itu, kata-nya: talitakum, yang berarti, hai anak, aku berkata kepadamu, bangunlah! Mrk 5:41

1).seorang kepala rumah ibadat datang kepada yesus bernama yairus ,ia tersungkur dihadapan kaki yesus ,ia tersungkur di kaki yesus memohon sesuatu kepadanya dan berkata : anak ku perempuan sedang sakit ,hampir mati ,datanglah kiranya dan letakkanlah tanganmu atasnya ,supaya ia selamat dan tetap hidup .

2).lalu yesus pergi bersama yairus pergi kerumahnya,sampai disana yesus melihat banyak orang lalu yesus masuk kerumah , dan berkata kepada orang-orang itu:mengapa kamu ribut dan menangis ?anak ini tidak mati ,tetapi tidur!tetapi mereka menertawakan dia .

3).lalu yesus membawa ayah dan ibu anak itu masuk kedalam kamar ,lalu yesus menghampiri anaki itu lalu dipegangnya tangan anak itu,katannya :Talitakum,yang berarti :hai anak,aku berkata kepadamu ,bangunlah!

4).lalu anak itu membuka matanya lalu,bangkit berdiri dan berjalan lalu keluar ,maka orang –orang itupun sangat takjub .


11. yesus memberi makan lima ribu orang
Yoh 6:1-15
Karena roti yang dari allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang menberi hidup kepada dunia.
Yoh 6:33

1).pada hari paska orang yahudi, yesus melihat banyak orang berbondong –bondong datang kepadanya karena hari itu sudah dekat, dan yesus berkata kepada seseorang bernama filipus, dimanakah membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?
Hal itu dikatakan yesus untuk mencobai filipus, karena yesus tau apa yang sebenarnya ia akan buat. lalu filipus berkata roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.

2).lalu seorang murid yesus berkata yaitu andreas, saudara simon petrus, berkata kepada yesus:disini ada seorangt anak mempunyai lima roti dan dua ikan sambill menyerahkan nya kepada yesus .

3).lalu yesus berkata suruhlah orang –orang itu duduk , maka duduklah orang-orang itu diatas rumput, kira –kira lima ribu laki laki banyaknya lalu yesus mengambil roti itu, dan mengucap syukur dan membagi bagikannya kepada mereka, begitu juga dengan ikan ikan itu, dan makan bersama –sama, setelah mereka kenyang, dikumpulkannya dan sisanya dua belas bakul, ketika orang-orang itu melihat mujizat itu, mereka berkata :dia inilah benar benar nabi yang akan datang kedunia

HORAS MA DI HAMU. DI AKKA JOLMA HALOMOAN I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar